8 Plugin SEO Terbaik untuk WordPress

Plugin SEO Terbaik untuk WordPress – Plugin adalah aplikasi pembantu yang dapat melakukan pekerjaan khusus tergantung tugas utama yang diprogramkan kepadanya. 

plugin seo terbaik untuk wordpress

Saat ini WordPress sudah memiliki lebih dari 40.000 plugin yang tersedia baik yang gratis maupun yang berbayar yang menjadikannya CMS dengan plugin terbanyak didunia. Itulah salah satu alasan mengapa WordPress adalah CMS terbaik dan terpopuler di dunia.

Salah satu keunggulan WordPress adalah tersedianya berbagai plugin yang khusus bergerak di bidang SEO atau Search Engine Optimization, sehingga penggunanya tidak perlu repot-repot dalam mengatur atau mengecek banyak hal untuk meningkatkan ke-SEO-an situs web atau blog mereka. 

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan beberapa plugin yang menurut saya cukup bagus, baik terlihat dari review maupun kualitasnya.

Namun, ada beberapa plugin yang memiliki fungsi utama yang hampir sama, sehingga kalian tidak perlu menginstall seluruh plugin yang saya bahas disini.

Instal dan cobalah satu-persatu dan pertahankan plugin yang paling sesuai dengan kebutuhan situs web atau blog kalian masing-masing. 

Selain akan bertabrakan fungsi, terlalu banyak plugin yang kalian unduh dan unggah ke situs web kalian akan memperberat fungsi kerja dan memenuhi server kalian.

Inilah ke-8 Plugin SEO terbaik untuk wordpress yang akan saya bahas adalah:

1. Yoast

Plugin seo yoast


Plugin ini memiliki berbagai keunggulan seperti berbagai menu untuk menentukan kata kunci utama artikel yang kalian tulis, sehingga kita tahu sejauh mana kualitas dan kuantitas kata kunci yang ada dalam artikel yang kita tulis. 

Hal ini bertujuan untuk mengetahui sudah terpenuhinya atau belum artikel kita sudah memenuhi kriteria artikel ber-SEO yang baik atau belum.

Yoast juga memiliki fitur integrasi XML Sitemaps, sehingga bisa mengurangi penggunaan plugin yang hanya menangani sitemaps. 

Sitemaps adalah salah satu fle yang menjadi rambu-rambu utama bagi robot mesin pencari dalam mengindeks halaman yang ada di situs web atau blog kalian.

Selain itu, juga ada fitur ekstra di plugin satu ini yaitu breadcrumb dan syntax opengraph yang tersedia di tiap halaman situs web, serta meta tag otomatis, Optimasi RSS, edit .htaccess dan robot.txt.

2. All in One SEO Pack

All in one seo pack


Di instal lebih dari 3 juta orang, plugin satu ini sangat terkenal sejak lama diantara para penulis blog. Plugin ini bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar yang tentunya akan memiliki fitur lebih dibanding dengan versi gratisnya.

Plugin ini menawarkan fitur-fitur ciamik seperti integrasi dengan Google Analytic, optimasi judul pada search engine, meta tag, canonical URL, fitur untuk menghindari duplikasi konten, dan integrasi dengan WP e-commerce.

Sedangkan versi berbayar alias pro-nya memiliki fitur ekstra seperti pengaturan rewrite document title, pengaturan meta description, kata kunci tertentu untuk halaman utama, formulir memasukkan Google analytic UA ID dan akun di Google Plus, serta yang terbabru adalah Feature Manager (Di plugin SEO Ultimate disebut Module)

Layanan Feature Manager dapat kita gunakan untuk mengatur XML Sitemaps, Social Meta untuk menggunakan open graph, robots.txt, edit .htaccess, pengaturan impor dan ekspor, video sitemaps dan bad bot blocker.

3. SEO Ultimate



Plugin ini hampir mirip dengan All in One SEO Pack, namun ada beberapa perbedaan tipis diantara keduanya. Diantaranya adalah penulisan ulang atau rewrite title tag, deskripsi meta, anchor text atau tulisan panduan atau alias di internal atau eksternal hyperlink, rich snippet generator, 404 monitor, slug optimizer, link mask creator, canonicalizer dan permalink tweaker.

4. SEO Friendly Images

Ukuran gambar baik dalam satuan bita (kB) maupun pixel (px) besar pengaruhnya terhadap kelangsungan situs web atau blog anda. Selain bisa memenuhi ruang simpan server anda, pixel yang terlalu besar dalam sebuah artikel tentu saja akan terlalu memakan ruang visual.


Nah, dengan plugin ini kalian bisa mengoptimasi gambar menjadi ukuran yang diinginkan. Selain itu plugin ini juga memberikan kolom judul (title), Alt text yang sangat SEO Friendly, sehingga kemungkinan gambar muncul dalam hasil pencarian pada halaman pertama dengan kata kunci yang sesuai akan semakin besar.

5. SEOpressor

Plugin ini adalah plugin yang berbayar namun, fitur yang ditawarkan cukup keren, salah satunya adalah plugin ini bisa mengoptimalkan hingga 3 keyword sekaligus, sedangkan Yoast hanya 1. Selain itu plugin ini akan memberi nilai saat kita menulis artikel.

Nilai yang keluar didasarkan pada ke-SEO-an kata kunci yang kita tulis di artikel tersebut secara menyeluruh, bahkan ketika kita terlalu berlebihan dalam mengoptimasi artikel maka akan ada nilai yang buruk untuk artikel kita.

6. Google XML Sitemap

Sitemap adalah salah satu aspek SEO yang sangat penting karena mesin pencari seperti Google, Yahoo! maupun Bing bisa mengindeks situs web atau blog kalian dengan lebih baik.

Fungsi sitemap ini adalah memberikan navigasi kepada mesin pencari untuk membaca struktur situs web anda dengan baik, dengan begitu mesin pencari akan lebih cepat menemukan kata kunci yang terkandung di dalam situs web kalian dan akan langsung merujuk ke situs web atau blog kalian jika ada sesorang yang memasukkan kata kunci yang sesuai.

7. Broken Link Checker

Seperti namanya, plugin ini mempunyai fungsi utama untuk mengecek ada tidaknya hyperlink atau link yang rusak yang ada di artikel atau situs web kalian secara keseluruhan. 

Menemukan link yang rusak ini penting untuk menghindari cap buruk dari data base mesin pencari. Karena jika anda memasukkan link yang rusak maka mesin pencari akan mengecap sits web atau blog kalian sebagai sumber yang memberikan sumber atau rujukan palsu.

Dengan adanya plugin ini maka kita akan tahu dimana link yang rusak dan kalian bisa memperbaikinya atau membuang link tersebut. Kabar baiknya, plugin ini gratis lho!

8. Scribe

Plugin ini dipersenjatai dengan berbagai layanan yang sangat membantu, seperti content marketing tool untuk riset, interaksi dan optimisasi sits web. 

Selain itu plugin ini bisa membantu kalian menemukan atau mengetahui topik mana yang sedang dicari orang-orang. Bagi kalian yang ingin membuat situs web atau blog dengan authority atau ketentuan khusus, maka plugin ini sangat cocok untuk kalian.

Demikian 8 plugin yang saya rekomendasikan untuk kegiatan SEO kalian. Baca, coba satu per satu, jika kalian merasa cocok maka pertahankan, jika tidak cocok lebih baik di uninstal saja.
Selamat mencoba!

0 Response to "8 Plugin SEO Terbaik untuk WordPress"

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentar Anda Sesuai Topik Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel