Menikmati Lezatnya Pempek Palembang

Menikmati Lezatnya Pempek Palembang
 Lezatnya Pempek Palembang. Sudah pernah berkunjung ke kota palembang ? jika sudah, berarti anda suah pernah menginjakkan kaki bumi sriwijaya ini. Ya kota palembang konon sebagai pusatnya pemerintahan kerajaan sriwijaya yang pernah berkuasa dinusantara ini. Selain sebagai pusat kerajaan sriwijaya pada zaman dahulu, palembang juga sebagai pusatnya makanan pempek Palembang.

Sejarah Pempek Palembang

Di kota palembang inilah asal muasal makanan khas yang bernama pempek ini dibuat atau dikenalkan ke khalayak umum. Menurut sumber yang saya dapatkan bahwa pempek atau empek-empek sudah ada atau masuk ke wilayah palembang sejak abad ke 16 dibawa oleh perantau cina yang datang ke kota palembang.

Nama pempek atau empek-empek berasal dari sebutan “Apek” yang merupakan untuk sebutan lelaki tua keturunan cina. Dahulu sekitar tahun 1617 ada seorang Apek atau kakek yang berusia sudah cukup tua yang tinggal dipinggiran sungai musi merasa prihatin melihat tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi. Kemudia si Apek ini mencoba mengolah hasil ikan ini dengan cara digiling dan dicampur dengan tepung sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Oleh karena penjualnya dipanggil dengan sebutan “pek apek”, maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai empek-empek atau pempek palembang.

Nah itu tadi kira kira sejarah asal muasal pempek palembang bisa ada sampai saat ini. Berkat keahlian si Apek yang mengolah hasil tangkapan ikan dengan dicampur tepung sehingga terciptalah makanan khas asal palembang yang lezat ini.

Pempek palembang saat ini sudah dikenal luas diinonesia, untuk mendapatkan pempek palembang sebenarnya tidak harus berkunjung ke palembang karena saat ini sudah banyak yang buka toko atau kios pempek dikota-kota besar di indonesia. Atau anda juga bisa mendapatkan pempek lewat online karena banyak juga yang berdagang pempek palembang lewwat jalur online. Namu jika anda kebetulan sedang berada di kota palembang sebaiknya anda harus makan pempak di kota palembang ini sambil menikmati indahnya suangai musi dimalam hari.


7 Jenis-Jenis Pempak Palembang  yang perlu kamu ketahui

Sebelum kamu menikmati lezatnya pempek palembang, alangkah baiknya jika kamu tahu terlebih dahulu jenis jenis pempek palembang. Karena pempek palembang memiliki beberapa jenis yang membedakan antara jenis pempek yang satu dengan jenis pempek yang lainya. Yuk simak jenis- jenis pempek palembang berikut ini :

1. Pampak Lenjer. Sesuai dengan namanya “Lenjer” yang berarti panjang. Jadi pempek ini dibuat dengan bentuk yang memanjang dengan bahan dari ikan dan tepung. Pempek lenjer ada dua macam yakni pempek lenjer mini dan pempek lenjer jumbo. Kedua macam pempek lenjer ini hanya dibedakan bedasarkan ukuran saat membuatnya saja.

2. Pempek Kapal Selam. Pempek yang satu ini namanya memang agak unik yaitu kapal selam. Pempek kapal selam sebenarnya pempek yang didalamnya diisi dengan telur.

3. Pempek adaan.  Pempek adaan atau orang-orang banyak yang menyebut sebagai pempek bulat yang hampir mirip dengan bakso ikan meskipun anatara pempek adaan dengan bakso ikan sangatlah berbeda.

4. Pempek pistel. Jenis pempek ini memiliki bentuk khas hampir mirip dengan pastel. Bahan dasar pempek ini sama dengan pempek yang lainya. Hanya saja pempek pistel didalamnya ada isinya. Biasanya isi pempek pistel bisa berupa sayuran, telur, atau pepaya yang sudah dimasak tumis.

5. Pempek kulit. Pempek kulit memiliki tingkat kerumitan yang lumayan saat pembuatanya sehingga tidak semua kedai pempek menjual pempek jenis ini. Namun jika di kota palembang langsung, kamu tidak perlu khawatir untuk mendapatkanya pasti ada dan tentunya nikmat.

6. Pempek keriting. Pempek ini dari segi bentuknya meyerupai mie gulung. Bentuknya bulat tapi keriting, pokoknya luculah bentuknya. Susah untuk menjelaskanya.. hehe

7. Pempek panggang. Ya, ini pempek yang sebelum dimakan harus dipanggang terlebih dahulu. Sedangkan pempek yang lain biasanya sebelum dimakan digoreng terlebih dahulu. Pempek panggang biasanya dalamnya diisi dengan sambal atau ebi. Hemmm lezat lohhh.

Dari ke 7 jenis pempek diatas silahkan kamu tentukan mana yang ingin kamu coba makan. Atau mau mencoba semuanya itu lebih bagus karena dari ke 7 jenis pempek itu memiliki sensai rasa dan kelezatan yang berbeda loh. Kalo saya paling suka dengan pempek adaan dan pempek lenjer.

Oh iya, cara makan pempek palembang ini cukup unik menurutku karena pempek palembang ini dinikmati dengan kuah (cuka/cuko). Masyarakat palembang biasanya kalo makan pempek begini caranya : pertama pempek digigit dulu kemudia kuah cuko di minum setelah menggigit pempeknya, kemudia baru mengunya secara bersamaan antara pempek dengan cuko tadi. Hehe unik ya, tapi ini beneran enak dan lezat loh..

Oke, kesimpulanya silahkan makan pempek palembang dimanapun kamu berada. Tidak harus ke palembang karena pempak palembang sudah ada dimana-mana. Cobalah nikmati ke 7 jenis pempek palembang tadi dan dapatkan sensai kelezatan pempek asli palembang. Kalau datang ke palembang wajib beli pempek untuk dinikmati ditemapat dan jangan lupa beli pempek sebagai oleh oleh ya.. hahah... kesimpulanya kok maksa ya. Iya gak apa lah. Ok selamat menikmati pempek ya.


0 Response to "Menikmati Lezatnya Pempek Palembang"

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentar Anda Sesuai Topik Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel