7 Cara Memilih HP Android yang Bagus dan Berkualitas

Cara Memilih HP Android yang Bagus dan Berkualitas - Banyak orang yang menyesal setelah membeli Hp android, bahkan hp yang mereka inginkan.

Semua itu tidak lepas dari kesalah pahaman kita akan spesifikasi dari Hp tersebut, apalagi jika kita bukan ahli HP, kita bahkan bisa tergiur dengan promosi penjualan.

Nah, kita akan berbagi tips penting tentang cara memilih HP Android yang bagus dan berkualitas agar tidak menyesal di kemudian hari.

Artikel ini saya sajikan dalam bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti bahkan untuk pemula.

Oke, bagaimana dengan tipsnya?  Bacalah postingan berikut dengan cermat.


Cara Memilih HP Android yang Bagus dan Berkualitas

Cara Memilih Hp Android yang bagus


1. Tentukan spesifikasi minimum, jangan tergiur dengan keunggulan Hp lain

Jika Anda bingung dengan kelebihan yang ada di Hp tipe A, tetapi smartphone standar Anda adalah Hp tipe B, maka sebaiknya tentukan dulu spesifikasi minimumnya agar hal seperti itu tidak terjadi.

Jika Anda sudah menentukan standar minimal untuk Hp target Anda, langkah selanjutnya adalah tetap berpegang pada prinsip.

Tidak ada gunanya anda menentukan standar minimum, jika ada yang lebih baik, Anda akan langsung kepingin yang lain.

Flipping (mengubah target Hp) tidak menjadi masalah jika poin-poin yang disebutkan di bawah ini terpenuhi.


2. Prosesor dan RAM

Sebuah Hp dilengkapi dengan berbagai prosesor, dan prosesor adalah otak dari smartphone dan RAM adalah tempat operasi yang dilakukan oleh prosesor disimpan.

Lalu apa jadinya ketika prosesor atau RAM kecil, Hp sering melambat atau Lemot.

Apalagi banyak aplikasi Android yang berjalan tanpa meminta izin, sehingga ruang di RAM sering tidak terkendali.

Banyak orang yang mengeluhkan Hp yang lemot, meski dengan spesifikasi tinggi tetap saja lemot.

Masalahnya awal, banyak aplikasi yang berjalan tanpa izin.

Tapi saya masih punya solusi untuk mengatasi kinerja Hp Android yang lemot.

Untuk kapasitas RAM, saya sarankan minimal 2/3 GB, tidak kurang.

Untuk prosesor, saya merekomendasikan seri Snapdragon 700 ke atas atau Mediatek dengan 4 inti (quad core).

Namun untuk keperluan gaming dan multi tasking, spesifikasinya masih kurang memadai.

Kami membutuhkan RAM 3 atau 4 GB dan prosesor 6 (hexa core) atau 8 core (octa core).


3. Baterai

Dengan spesifikasi prosesor dan RAM yang lebih tinggi, tentunya konsumsi baterai juga akan lebih tinggi.

Jika Anda mengisi baterai hingga 3x atau bahkan 5x dalam sehari, apa arti persyaratan maksimumnya?

Tentu bisa sangat mengganggu jika kita orang yang sibuk atau banyak bepergian.

Kita tidak dapat menikmatinya dengan sempurna atau spek yang tinggi tidak berguna.

Jadi berapa kapasitas baterai terbaik untuk Android?

Kapasitas baterai minimal 4100 mAh atau cari yang aman 5000 mAh.

Pada kapasitas ini, saya yakin Anda hampir tidak akan menyentuh pengisi daya.


4. Kamera

Dalam dunia smartphone, kamera terkadang menjadi salah satu alasan paling kuat untuk membeli Hp.

Ya, itu benar, saya juga.  Karena saya suka dunia fotografi, tapi saya biasanya memotret alam.

Untuk kasus kamera ini agak rumit.  Karena pemasok lensa optik berbeda dari setiap merek Hp.

Lensa optik kamera terbaik untuk Android adalah dari Sony. Namun optik tidak hanya tersedia di smartphone Sony Xperia.

Ada produk lain yang menggunakan lensa Sony yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, seperti yang saya gunakan adalah Asus Zanfone Zoom S.

Untuk masalah Megapiksel, hal ini tergantung pada setiap bidikan lensa optik.

Saya sering melihat kamera dengan megapiksel tinggi kalah saing dengan megapiksel rendah, jadi jangan terlalu memikirkan megapiksel.

Tapi saya sarankan Anda untuk memilih kamera dengan 12 megapiksel ke atas.  Jika smartphone Anda menggunakan kamera ganda, cukup 12 MP saja.


5. Anggaran ( Uang )

Saat memilih smartphone, tidak semuanya bisa berbeda dengan biaya/ketersediaan anggaran.

Setiap orang berbeda dalam hal keuangan, jadi saya tidak akan banyak bicara.

Kami menyarankan Anda untuk menyesuaikan anggaran dana yang ada dengan kebutuhan yang dibutuhkan.

Intinya adalah, jika Anda adalah seseorang yang tidak peduli dengan detail yang lebih halus, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Ini sudah sering saya lihat, ada orang yang punya handphone bagus tapi tidak tahu apa manfaatnya dan tidak menggunakannya.

Bukankah itu sia-sia?

Jadi ketika Anda hanya mencari kamera sebagai perangkat utama Anda, carilah ponsel yang dirancang untuk kamera.

Tentu saja, jika Anda hanya membutuhkan baterai yang lebih besar, carilah yang lebih canggih dalam hal baterai.


6. Nama merek atau Brand

Merek bukanlah kriteria utama dalam memilih Hp tetapi merek merupakan bagian dari tips memilih Hp yang berkualitas.

Ada pepatah "tak kenal maka tak sayang"Jadi saya membuat pepatah saya sendiri."Sudah terkenal, namanya dipakai", hehe...

Peran  brand dan popularitas sangat besar untuk kesuksesan, saat ini yang paling maju adalah yang terkenal.

Namun perlu diketahui, beberapa perusahaan dengan nama besar menggunakan nama/merek tersebut untuk menjual produk mahal.

Parahnya lagi, ada penjual yang terkadang menurunkan kualitas, namun ada juga yang menjaga dan meningkatkan kualitas produknya.

Tips memilih brand yang saya sarankan adalah jangan membeli produk baru yang tidak diketahui kualitasnya.  Anda tidak perlu memilih merk terkenal.

Sebagai contoh (mungkin agak rasis), jika iPhone dan Samsung benar-benar diuji ketahanan fisiknya, tapi dari segi performa software, saya bisa bilang Samsung kadang masih kurang, bahkan parah.

Jika kita tidak cukup anggaran, maka barang jelek yang kita dapatkan.

Saya juga telah menjadi korban penyesalan kinerja Android.  Apalagi saya tidak suka yang lambat, terkadang agak mengganggu saya dengan mode Android yang sering lag.

Pada akhirnya, saya juga memilih merek yang meningkat, tetapi lihat pengalaman pengguna lain, bagaimana mereka merespons dan kepuasan mereka.

Kita bisa bergabung dengan grup Facebook Komunitas Android Indonesia untuk mengetahui obrolan apa saja yang terkait dengan pro dan kontra.

Namun jika Anda pengguna Android yang mengutamakan ketahanan fisik, saya sarankan untuk membelinya. Ponsel cerdas yang kuat Seperti Doogee S60 atau Blackview BV8000.

Di sana, kinerja perangkat lunak dan ketahanan fisik diuji.  mengapa?  Satu diuji setelah ditabrak mobil, dan yang lainnya dijatuhkan dari ketinggian 30 meter dan tetap sehat.

Selain itu, dilengkapi dengan spesifikasi yang tinggi, banyak peminat, dan juga memiliki harga yang bersahabat.


7. Penundaan waktu

Kenapa saya bilang banyak orang yang menyesal setelah membeli Hp, bahkan Hp yang mereka inginkan?

Karena tidak sabaran, setelah beberapa lama muncul Hp tipe baru, harganya tidak jauh berbeda, namun spesifikasinya jauh lebih baik.

Tentu tergantung pada masing-masing orang.  Jika orang itu bersyukur, Nokia lama mungkin sudah cukup.

Tetapi ketidak sabaran membutuhkan sedikit manajemen, bukankah lebih baik menangis dengan antisipasi daripada menangis dengan penyesalan?

Tapi ya, jangan pernah menangis seperti anak kecil, hehehe….

Jadi rekomendasi saya selanjutnya adalah menunda membeli Hp, kemudian lihat apakah seri Hp baru yang mirip dengan yang Anda miliki diluncurkan dalam waktu dekat.

Jika tidak, dan Anda benar-benar putus asa, maka saya pikir ini waktu terbaik.

Wajar jika Anda merasa menyesal membeli Hp setelah 1 tahun, karena waktu telah berlalu selama 1 tahun.

Mungkin setelah itu banyak seri Hp baru yang akan sangat menantang.  Ini berbeda dari yang saya beli sekarang tetapi setelah 3 bulan saya menyesalinya.

Bukankah menunda-nunda adalah solusi terbaik?  Apalagi kita bisa menabung untuk menambah anggaran.

Nah sobat, itulah 7 cara memilih hp android yang bagus dan berkualitas yang bisa kita sampaikan.

Semoga artikel ini bisa membantu sobat semua dalam menentukan pembelian Hp.

0 Response to "7 Cara Memilih HP Android yang Bagus dan Berkualitas"

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentar Anda Sesuai Topik Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel