Belitang OKU Timur

Belitang merupakan sebuah kecamatan yang berada di kabupaten ogan komering ulu timur ( OKU Timur ). Untuk menuju ke belitang bisa lewat lampung kalau perjalanan dari jakarta, jika dari palembang kita bisa ke belitang dengan melewati kayu agung. Masyarakat belitang mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Ada yang bertani disawah dengan menanam padi dan ada yang bertani di ladang dengan tanaman perkebunan karet.

Belitang oku timur

Penduduk di wilayah kecamatan belitang oku timur beragam, dengan suku asli komering dan suku pendatang seperti jawa, bali, batak dan masih banyak yg lainya. Kehidupan masyarakat dibelitang masih terjalin dengan baik. Rasa saling menghargai dan menghormati masih dijaga dan dipertahankan dengan baik sehingga jarang terjadi konflik bahkan hampir tidak ada konflik antar masyarakat di belitang oku timur ini.

Pusat perekonomian dan kota nya terletak di belitang bk 10 tepatnya di pasar gumawang belitang. Disinilah terdapat perdagangan yang lumayang besar untuk wilayah belitang. Di gumawang juga terdapat perkantoran baik pemerintah maupun swasta. Sebagai pusat kota, gumawang terlihat ramai bila dibandingkan dengan wilayah lain di sekitarnya. Sebenarnya selain pasar gumawang ada satu lagi pasar yang cukup ramai baik penjual maupun pembelinya yaitu pasar sidodadi yang terletak di belitang bk 9.

Untuk tempat wisata di belitang terdapat beberapa tempat wisata yang masih sederhana. Wisata yang ada di belitang salah satunya waterboom yang berada di bk 9, taman singa apor di sekitar gumawang dan masih ada yang lain yang bisa di eksplor keindahanya. Dengan adanya tempat-tempat wisata itu setidaknya warga belitang tidak perlu jauh juah jika ingin refresing atau jalan jalan melepas penat.

Selain wisata, dibelitang juga terdapat instansi pendidikan yang cukup lengkap dan memadai untuk mendidik generasi muda yang ada di belitang. Beberapa sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Untuk tingkatan Sekolah Menengah Atas di belitang terdapat sekolah-sekolah yang cukup terkenal dan menjadi favorit para siswa sebagai pilihan sekolah mereka, antara lain : SMAN 1 Belitang, SMAN 1 Belitang 3, SMA Xaverius Belitang, MAN Gumawang. Untuk perguruan tinggi ada  STIE Trisna Negara, STIPER Belitang, STIP Nurul Huda, POLITEKNIK YPPB, dan lainya.

Keindahan alam kota belitang juga masih asri, masih banyak pepohonan ditepi jalan raya yang membuat cuaca di belitang masih terasa sejuk dan nyaman untuk dinikmati. Jauh dari polusi sehingga untuk kesehatan masih sangat baik.

Itulah sekilas tentang belitang yang merupakan kota kecil di kabupaten ogan komering ulu timur sumatera selatan. Kota belitang yang mempunyai komoditi pertanian seperti beras dan karet ( lateks ) sebagai sumber penghasilan yang banyak dilakukan warga di belitang.  Untuk pendidikan juga sudah sama dengan dareah-daerah lain dari SD sampai Perguruan tinggi juga sudah ada di belitang. SO.. Ayo main dan berkunjung Ke BELITANG- OKU Timur, Sumatera Selatan.



0 Response to "Belitang OKU Timur"

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentar Anda Sesuai Topik Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel