Cara Meningkatkan hasil getah karet yang paling Mudah dan terbukti berhasil


Cara Meningkatkan Hasil Getah Karet
Cara Meningkatkan hasil getah karet yang paling Mudah dan terbukti berhasil. Sebagai petani karet sudah tentu dan pasti mengharapkan akan adanya peningkatan hasil getah karet yang mereka sadap setiap harinya. Karena dari hasil penyadapan getah karet itulah mereka bisa mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Sebagai petani karet, kita tentu sangat bergantung dengan kebun karet yang kita kelola tersebut. Berbagai macam cara dilakukan oleh para petani karet untuk bisa menggenjot peningkatan hasil getah karet mereka. Bahkan para petani karet rela mengeluarkan uang lebih untuk membuat peningkatan hasil getah karet tersebut.

 Beberapa Masalah yang sering dihadapi oleh petani Karet

Pertama: soal harga getah karet
Banyak para petani karet yang mengeluhkan mengenai harga jual getah karet mereka. Harga jual getah karet pada saat ini sangat rendah sehingga membuat para petani karet merasa tidak cukup dengan hasil yang diperoleh saat mereka menjual getah karet tersebut.

Kedua : Musim Penghujan
Salah satu masalah yang dihadapi petani karet adalah musim penghujan. Apabila musim penghujan petani karet harus berburu waktu dengan hujan yang tiba-tiba turun tanpa dapat diprediksi. Padahal jika hujan turun pada saat petani karet sedang melakukan penyadapan pohon karet akan membuat hasil sadapan yang berupa getah karet (Lateks) akan rusak atau hancur.

Ketiga : Mahalnya Pupuk dan Obat-obatan untuk perkebunan karet
Ketersedian pupuk dan obat-obatan untuk perkebunan karet sangatlah penting. Selain ketersediaan, hal yang lebih penting bagi petani karet adalah harga pupuk dan obat-obatan yang murah. Tetapi pada kenyataanya harga pupuk dan obat-obatan sangat mahal sehingga petani karet sangat terbebani dengan hal ini.

Banyak cara yang dilakukan oleh para petani karet untuk meningkatkan hasil getah karet mereka. Berikut ini beberapa cara yang sangat disarankan untuk dilakukan supaya hasil getah karet bisa meningkat dan terus bertahan dengan baik.


Cara Meningkatkan hasil getah karet yang paling Mudah dan terbukti berhasil


1.    Membersihkan semak belukar (Gulma pengganggu)
Membersihkan semak belukar pada perkebunan karet sangat penting dan wajib dilakukan oleh para petani karet supaya hasil getah karet mereka bisa meningkat. Mengapa bisa demikian, karena semak belukar merupakan gulma pengganggu tumbuhan karet dalam mencari makanan berupa unsur hara tanah. Jika semak belukar dibiarkan akan berebut dalam mencari makan dengan pohon karet yang kita sadap dan itu tentu akan merugikan bagi kita.

2.    Pemupukan secara berkala dan berkelanjutan
Hal ini sangat penting, bisa dibilang kunci sukses dalam berkebun karet. Pemberian pupuk secara berkala dan berkelanjutan merupakan faktor yang sangat mempengaruhi akan peningkatan hasil getah karet. Berikan pupuk pada kebun karet maksimal 3 bulan sekali dan berkelanjutan. Hal ini sangat efektif untuk meningkatkan hasil getah karet dan bisa membuat hasil getah karet setabil.

3.    Pemberian obat berupa ZPT ( Zat Pengatur Tumbuh )
Nah jika pembersihan semak belukar dan pemberian pupuk 3 bulan sekali sudah dilakukan. Langkah selanjutnya anda silahkan gunakan obat ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) untuk membantu merangsang keluarnya getah karat anda. Penggunaan obat ZPT ini bisa dibilang jusrus terakhir untuk meningkatkan hasil getah karet anda.

Nah itu tadi cara meningkatkan hasil getah karet yang paling mudah dan terbukti berhasil. Silahkan anda coba lakukan dan lihat hasilnya bagaimana. Jika anda sudah melakuakn, Terus lakukan pengamatan terhadap kebun karet anda. Banyak petani karet berhasil dengan cara diatas dan sekarang giliran anda untuk mencobanya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk di share/bagikan artikel ini ya. Good bay, salam petani.


0 Response to "Cara Meningkatkan hasil getah karet yang paling Mudah dan terbukti berhasil"

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentar Anda Sesuai Topik Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel