Destinasi Wisata Kuliner Di Palembang Wajib Kamu Coba

wisata Kuliner palembang
Destinasi Wisata Kuliner di Palembang wajib hukumnya bagi kamu yang lagi liburan di kota pempek ini. Palembang mempunyai banyak sekali kuliner yang sangat identik atau khas yang tentunya menjadikan kota ini layak untuk di jadikan tujuan wisata.

sebenarnya selain makanan khas kota palembang juga mempunyai banyak tempat tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. tetapi postingan ku kali ini hanya akan membahas seputar weista kuliner dipalembang saja.

Mungkin lain waktu aku akan membuat postingan mengenai destinasi wisata dipalembang supaya teman-teman yang belum pernah ke palembang bisa tahu mengenai wisata apa aja yang ada di kota ini.

Ok, balik lagi ke tema awal ya. wisata kuliner di kota palembang ini sangat unik menurut aku yang bukan orang asli palembang namun cukup lama tinggal dan sudah cinta dengan kota ini. menggapa unik ? karena ada nama makanan yang lucu seperti Celimpungan dan burgo.

meskipun  namanya unik tapi rasa dari kuliner tersebut sangat sangat uenak banget loh. nggak percaya.., makanya kalian cobain sendiri dengan datang ke palembang dan cicipi tuh makanan, pasti kalian bakal ketagihan.

baiklah rasanya udah kepanjangan ini ngocehnya. lebih baik kita langsung saja ngintip destinasi wisata kuliner di palembang ini apa saja. yuk. go go go

Inilah Destinasi wisata kuliner palembang yang wajib kamu coba langsung


1. Pempek Palembang
Wisata Kuliner Palembang Pempek


Pempek merupakan makan khas orang palembang bahkan menjadikan kota ini dijuluki dengan kota pempek. wajar saja dapat julukan seperti itu karena pempek ini sering dijadikan sarapan bagi warga palembang. tidak hanya itu, jika kalian berkunjung ke kota ini, kalian akan dengan mudah untuk mendapatkan makanan ini.

banyak sekali yang menjual pempek ini, mulai yang hanya jual di teras rumah, dipinggir jalan, dijual ngider dengan sepeda, sampai yang di tempat-tempat mewah seperti mall dan hotel.

pempek ini memiliki berbagi jenis seperti pempek lenjer, pempek kapal selam, pempek adaan, pempek kulit, pempek kriting, dan masih banyak yang lain. kalau tidak salah ada sekitar 17 jenis pempek palembang ini. waw banyak ya. pasti kalian akan puas sekali kalau makan pempek palembang ini.

oh iya, ternyata ada yang bilang begini " Makan Pempek Paling Enak Ya Dipalembang". mungkin ada benarnya juga sih, karena kalau makan pempek langsung di palembang, kan itu pempek masih asli di buat oleh orang-orang yang ahli membuat jadi otomatis cita rasa pempek masih terjaga.

2. Tekwan
Wisata Kuliner Palembang Tekwan


Tekwan itu merupakan salah kuliner yang cukup terkenal di kota palembang. ketenaran tekwan bisa disandingkan dengan pempek, kenapa bisa begitu bro ? karena orang yang pernah tinggal atau memang tinggal di kota palembang pasti pernah makan tekwan layaknya mereka makan pempek.

nah tekwa bisa anda jadikan list wisata kuliner di palembang yang mesti kamu coba ya. tekwa sebenarnya mirip dengan bakso ikan. tekwan bentuknya bulat kecil-kecil  dibuat dari campuran ikan dan tepung sagu. sedangkan untuk Kuah tekwan terbuat dari udang sehingga memiliki cita rasa yang khas. untuk penyajianya, tekwan juga disajikan bersama dengan pelengkap lainnya seperti sohun, jamur kuping, serta irisan bengkoang dan mie putih.

3. Laksan
Wisata Kuliner Palembang laksan


salah satu makanan khas palembang adalah laksa. makan ini di buat dari bahan baku sagu dan ikan. laksan bentuknya hampir sama kayak pempek tapi cara penyajianya yang beda. jika pempek dimakan dengan cuko berbeda dengan laksa. laksan disajikan dengan kuah santan hampir mirip lontong sayur.

menyantap laksan paling pas pagi hari sembari menikmati waktu pagi apalagi kalau lagi libur.. heem..pasti tambah mantap makan laksan nya. untuk harga laksa di kota palembang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 8000 saja perporsi.

4.Celimpungan
Wisata Kuliner Palembang Celimpungan


makanan khas palembang ini merupakan turunan dari pempek. celimpungan biasanya agak susah untuk mendapatkanya karena makanan ini hanya muncul pada waktu menjelang lebaran.

celimpungan terbuat dari bahan dasar ikan dan sagu.Celimpungan menjadi kuliner yang mirip dengan laksan. namun bentukya bulat putih dan sedikit lebih besar dibanding dari tekwan. Kuah kari nan kental juga menjadi ciri khas tersendiri untuk celimpungan.

5.Burgo
Wisata Kuliner Palembang Burgo


burgo memiliki cita rasa yang sangat enak dan gurih. kuliner ini terbuat dari bahan adonan tepung beras dan terigu dan kemudian dimasak mirip dadar tipis. untuk bentuk burgo ini mirip dengan kwetiaw.

sajian kuliner burgo paling enak dinikmati dengan kuah gurih yang diracik dari santan serta aneka bumbu seperti ketumbar, kencur, kunyit, lengkuas, bawang putih serta kemiri.

burgo biasanya dihidangkan dengan daging ikan yang disuwir dan bawang goreng, serta potongan telur ayam rebus. Ditambah sambal dan jeruk nipis sebagai penambah cita rasa burgo.

jangan lupa untuk menjadikan burgo masuk ke dalam list destinasi wisata kuliner di palembang yang akan kamu rencanakan ya.

6.Lakso
Wisata Kuliner Palembang Lakso


Kuliner yang satu ini namanya mirip artis " Ari Lakso " hehe bercanda. lakso ini merupakan kuliner khas palembang juga loh. bentuk lakso mirip mie tetapi ukuranya lebih besar dari mie.

lakso ini merupakan makanan favorit masyarakat kota palembang dan makan kesukaan saya juga waktu tinggal dipalembang. kuah lakso kental dan gurih dengan tambahan bawang goreng menjadikan lakso super gurih deh.

7. Martabak Palembang atau martabak HAR
Wisata Kuliner Palembang martabak HAR


kuliner yang satu ini cukup legendaris karena kuliner ini merupakan resep asli yang dibuat oleh warga palembang keturunan india yaitu Haji Abdul Rozak. martabah HAR merupakan martabak telor dengan kuahnya berbahan kari kambing yang dicampur dengan kentang.

jika kalian ingin mencicipi kuliner legendaris ini silahkan datang ke lokasi martabak HAR yang pertama kali yaitu di Jln. Jenderal Sudirman No.597A, Palembang, Sumatera Selatan

8. Mie Celor
Wisata Kuliner Palembang Mie Celor


Mie Celor merupakan kuliner mie yang disajikan dengan campuran kuah santan dan kaldu ebi, serta ditambah taoge dan disajikan dengan irisan telur rebus, ditaburi irisan seledri, daun bawang dan bawang goreng yang akan membuat mie celor terasa gurih.

Di palembang yang jual mie celor yang cukup terkenal adalah Mie Celor 26 Ilir Haji Syafe’i sering direkomendasikan oleh warga lokal kepada para wisatawan yang datang ke kota palembang.

9.Pindang Ikan Patin
Wisata Kuliner Palembang Pindang Patin


Mungkin bagi kalian yang suka dengan olahan ikan patin wajib cobain pindang patin palembang ini. Sajian pindang patin ini merupakan kuliner Palembang yang berbahan ikan patin yang banyak ditangkap di Sungai Musi. kemudian, diberi kuah pedas dengan potongan nanas atau belimbing wuluh serta daun kemangi. Rasa pindang yang gurih, asam, dan pedas memang sangat menyegarkan, terutama kalau dimakan saat cuaca panas.

Pindang ikan patin khas palembang ini wajib kalian jadikan daftar destinasi wisata kuliner di palembang karena pindang patin ini sangat enak. aku juga termasuk yang suka dengan pindang patin ini karena bisa menambah nafsu makan kita.

10.Es Kacang Merah
Wisata Kuliner Palembang Es Kacang Merah


Nah jika tadi yang kita bahas kuliner yang berupa makanan sekarang kita akan bahas salah satu minuman khas yang ada di kota palembang ini yaitu es kacang merah.

Jika di palembang kalian ingin yang seger seger coba deh minum es kacang merah. rasa manis dan segarnya es dapat berpadu dalam segelas es kacang merah yang akan memuaskan dahaga dan memanjakan lidah kita.

11. Kemplang
Wisata Kuliner Palembang Kemplang


kemplang merupakan kerupuk yang di buat dari tepung dengan di campur ikan. kemplang ada dua jenis yaitu kemplang bakar dan kemplang yang digoreng.

kemplang memiliki rasa yang gurih karena terbuat dari ikan. untuk mendapatkan makanan ini juga cukup mudah kok, karena di sepanjang jalan dikota palembang ada banyak yang menjual kerupuk kemplang. harga kerupuk kemplang cukup murah hanya berkisar Rp 20.000 sampai Rp 25.000 perbungkungnya.

12. Sambal Tempoyak
Wisata Kuliner Palembang Sambal Tempoyak


Tempoyak merupakan durian yang sudah difermentasi yang bisa diolah menjadi makanan lezat seperti; sambal, campuran pais serta pepes ikan. Sambal tempoyak  paling pas disantap bareng sup pindang, ataupun nasi panas dengan lauk ikan bahkan dengan ayam goreng juga makyus, lho!

Warga asli palembang sangat jago membuat olahan dari tempoyak ini. nah jika kalian mau wisata kuliner di palembang silahkan cari olahan tempoyak baik sambal tempoyak, pepes ikan tempoyak, dan masih ada yang lainya.

Oke itu tadi beberapa kuliner khas palembang yang bisa kalian cicipi ketika kalian berkunjung dipalembang. sebaiknya sebelum  kalian liburan ke palembang buatlah dulu list daftar wisata kuliner palembang yang akan kalian kunjungi. mudah mudahan informasi ini dapat membantu anda dalam ber wisata kuliner di palembang ya. jangan lupa terus kunjungi situs klikazzam untuk mendapat informasi terbaru.

0 Response to "Destinasi Wisata Kuliner Di Palembang Wajib Kamu Coba"

Post a Comment

Silahkan Berikan Komentar Anda Sesuai Topik Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel